Bunga Tulip

Serba Serbi Bunga Tulip

Tanaman tulip merupakan tumbuhan tahunan yang memiliki umbi dan dapat mencapai tinggi antara 10 hingga 70 cm. Tanaman tulip memiliki daun yang berlilin dengan warna kebiruan dan berbentuk kecil memanjang. Tanaman tulip memiliki bunga dengan ukuran yang relatif besar, dan memiliki enam halai mahkota bunga. Bunga tulip memiliki warna yang bermacam macam sesuai dengan jenisnya seperti merah, merah muda, ungu, oranye, serta warna kombinasi, dan berbagai warna cantik lainnya. Seperti bunga mawar, lily, krisan, dan bunga bunga cantik lainnya, bunga tulip juga merupakan salah satu bunga yang banyak dibudidayakan untuk dijadikan buket tulip dan aneka hiasan lainnya.

Menanam tulip


Secara alami, tanaman tulip tidak dapat tunbuh dan berkembang biak di wilayah tropis dengan suhu hangat karena tanaman tulip memerlukan suhu rendah untuk dapat bertahan hidup, yang biasanya terjadi pada musim dingin di negara dengan empat musim. Tulip dapat dibudidayakan dengan dua cara yaitu dengan menggunakan umbu atau bijinya. Namun tulip yang ditanam dari umbi akan lebih cepat berbunga dibandingkan dengan tulip yang ditanam dari biji. Tulip yang ditanam dari umbi akan berbunga setelah kurang lebih ditanam selama satu tahun, sedangkan tulip yang ditanam dari biji baru bisa berbunga setelah jangka waktu antara 5 hingga tujuh tahun.

Tips menanam tulip

Untuk kegiatan budidaya, sebaiknya tulip ditanam dari umbinya agar lebih cepat berbunga. Untuk bunga tulip yang dapat mekar lebih lama, terdapat perlakuan khusus dimana pada saat bunga belum mekar dan masih berupa kuncup, kita harus menusuknya dengan jarum dari bagian bawah kuncup hingga tembus ke atas. Hal tersebut akan membuat bunga memproduksi gas etilen yang membuat bunga dapat mekar lebih lama. Namun jika kita terlambat menusuk bunga saat sudah mekar, masa mekar dari bunga tulip justru akan menjadi lebih singkat dan mudah layu. Jangan lupa untuk segera memotong bunga yang telah mekar agar kita bisa mendapatkan umbi untuk ditanam kembali. Hama yang perlu diwaspadai adalah hama tikus yang daapt merusak tanaman tulip dan bunganya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sejarah Penyebaran Bunga Mawar

Jual Bunga Di Kelapa Gading