Sejarah Penyebaran Bunga Mawar

Bunga mawar sebagai queen of the flower merupakan bunga universal yang dikenal di seluruh penjuru dunia sejak zaman dahulu. Penampilannya yang cantik, anggun dan untuk beberapa jenis dikenal menebarkan wangi yang semerbak ketika bermekaran telah memesona banyak orang sehingga menjadiannya lambang kecantikan. Banyak sekali perumpamaan yang dibuat berkaitan dengan kecantikan bunga mawar, termasuk oleh pujangga inggris ternama William Shakeespeare.

Mawar adalah tanaman semak dari genus rosa sekaligus nama bunga yang dihasilkan tanaman ini. Mawar liar yang tubuh lebih dari 100 spesies banyak tumbuh pada bumi belahan utara. yang berudara sejuk. Spesies mawar umumnya merupakan tanaman semak yang berduri dan bisa tumbh sampai ketinggian 2 M sampai 5 M walaupun jarang ditemui, tinggi tanaman mawar yang merambat ditanaman lain bisa mencapai 20M.

Mawar yang dikenal dengan nama bunga ros atau "Ratu bunga" itu merupakan simbol atau lambang kehidupan  religi dalam peradaban manusia. Dalam kehidupan barat, mawar adalah lambang cinta dan kecantikan. Bunga mawar dianggap suci  untuk beberapa dewa dalam mitologi yunani seperti Isis dan Aprodite.

Mawar akan tampak anggun dan cantik terutama ketika ia menjadi bunga potong dengan bentuk kuntum batang dan beberapa helai daun. Sejarah yunani kuno mencatat Achilles menggunakan pelindung kepala yang berbentuk bunga mawar untuk menaklukan musuh-musuhnya dalam perang troya. Kecantikan bunga mawar  menyimbolkan kecantikan feminim, juga melambangkan keagungan dan keindahan yang perkasa seperti diwakilkan oleh batangnya dan daunnya yang berduri.

Di beberapa negara mawar banyak digunakan sebagai sesuatu sakral. Di thailand, mawar menghiasi pagoda-pagoda yang merupakan peribadatan agama. Di Indonesia, khususnya Jawa, mawar diperlukan untuk keperluan kematian, nyekar di pemakaman, dan upacara perkawinan.

Bunga mawar adalah bunga nasional inggris dan digunakan  sebagai lambang tim nasional rugby Inggris dan Rugby Football Union di Inggris. Di Kanada, bunga mawar liar merupakan bunga provinsi Alberta Di Amerika Serikat, Bunga Mawar merupakan bunga negara bagian Iowa, North Dakota, Georgia, dan New york. Kota Portland di negara bagian Oregon yang setiap tahunnya mengadakan festival bunga mawar, yang sering disebut dengan " Kota Bunga Mawar" Bunga mawar merupakan simbol antikekerasan di Georgia sewaktu terjadi Revolusi Mawar di tahun 2003.

Selain itu, bunga mawar sering dijadikan objek lukisan  oleh banyak pelukis, pelukis perancis yang bernama Pierre Joseph Redoute" terkenal dengan lukisan berbagai spesies bunga mawar yang digambar dengan sangat teliti.

Mawar masuk ke Indonesia dari eropa dengan perantaraan orang-orang belanda. Saat itu, orang-orang belanda menanamnya didaerah beriklim sejuk, seperti lembang, Cipanas, Bendungan (Ambarawa), dan sebagainya. dari daerah-daerah tersebut, mawar berkembang dan diperdagangkan oleh pedagang asing hingga ke seluruh pelosok Nisantara, terutama daerah-daerah yang banyak dihuni ileh orang belanda.

Setelah Indonesia merdeka, para pedagang dan pemilik kebun mawar yang merupakan orang asing( Belanda) kembali keNegaranya. Kebun mawar yang ditinggalkan kemudian diambil alih atau dilanjutkan oleh pengelolanya oleh masyarakat pribumi disekitar kebun yang sebelumnya banyak menjadi buruh perkerja.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

TENTUKAN TERLEBIH DAHULU TUJUAN RANGKAIAN BUNGA,