Kegunaan Bunga Mawar

     Tanaman bunga mawar ini selain bunganya sebagai hiasan, mempunyai kegunaan untukindustri yaitu untuk membuat air mawar, minyak wangi, pengharum kosmetik, sumber vitamin c, untuk obat sakit perut, dan sakit mata. Demikian luasnya kegunaan bunga mawar, sehingga dapat diusahakan dalam skala komersil yang besar, sebagai penghias bunga mawar digunakan sebagai pemujaan, keindahan, cinta/kasih sayang, kesempurnaan, kesetiaan, ketegaran/awet muda. Dalam perhelatan, maupun suasana duka cita, bunga mawar dapat menjadi pelipur hati.

      Menurut Larson (1992) serta Dole dan Wilkin (2005), mawar dapat digunakan sebagai bunga potong, tanaman hias pot, dan tanaman lanskap. Tanaman mawar pot yang tingginya  7,50 cm sampai 90 cm, penampilan kanopinya sangat menarik sperti pohon kecil. Tanaman mawar mini berasal dari Cina. Pada tahun 1917. Seorang pengusaha pembibitan di Swiss memperoleh tanaman mawar mini ini setelah lebih dari 100tahun berkembang (Larson 1992). Mawar mini mempunyai banyak kultivar yang telah dipatenkan di Denmark, Belanda, Amerika Serikat, dan Kanada.

PUBLIKASI BUNGA MAWAR

       Di negara-negara besar, seperti Amerika Serikat, terdapat asosiasi pecinta bunga mawar, sehingga merupakan forum komunikasi dalam tukar menukar informasi tanaman bunga mawar. Publikasinya sangat mudah sekali didapat., mulai dari tulisan-tulisan populer di majalah-majalah, buku, sampai tulisan ilmiah pada jurnal atau buletin. Bahkan sekarang kita dapat dengan mudah mengakses dari internet. Pembibitan (Nursery) sudah banyak yang mempunyai tulisan-tulisan berupa leaf let, Buku panduan, keterangan, dan gambar-gambar, dari kultivar-kultivar yang baru di introduksikan. Dengan demikian, perkembangan budi daya bunga mawar ini sudah sangat pesat

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sejarah Penyebaran Bunga Mawar

Jual Bunga Di Kelapa Gading